26/05/2013

OP-AMP JENIS DAN BENTUK KEMASANNYA

OP-AMP JENIS DAN BENTUK KEMASAN

OP-AMP atau operasional amplifier dapat diinterpretasikan sebagai amplifier atau penguat yang siap/mudah difungsikan atau dioperasikan. Op-amp termasuk dalam kelompok komponen berupa rangkaian terintegrasi (terpadu) IC. Berikut adalah salah satu contoh rangkaian terintegrasi / terpadu atau yang sering disingkat IC.

Komponen IC ( Integrated Circuit ) adalah istilah yang dipakai secara umum untuk menyatakan benda yang tampak seperti pada gambar di samping.
Sebenarnya IC dibedakan kedalam kelompok “ Digital “ dan “ Analog “, IC Analog biasanya termasuk dari bagian IC linear. IC ini merupakan rangkaian integrasi kumpulan dari beberapa komponen aktip diskrit seperti transistor, Dioda atau FET dan lain – lainnya serta komponen pasip seperti resistor, kapasitor dan lain-lainnya.
IC linear biasanya digunakan sebagai penguat, filter, pengali frekuensi ( Frequency Multiplier ) serta modulator yang biasanya memerlukan komponen dari luar agar sempurna seperti kapasitor, resistor dan lain-lainnya. Mayoritas IC linear adalah OP-AMP, yang biasanya digunakan sebagai penguat, filter aktip, integrator dan differensiator serta untuk aplikasi – aplikasi lainnya.
Sedangkan OP-AMP yang untuk keperluan rangkaian khusus seperti aplikasi komparator, regulator tegangan supply dan fungsi – fungsi khusus yang lainnya termasuk penguat daya besar.
Beberapa fungsi IC linear yang umum dan khusus akan diberikan lengkap beserta contohnya, termasuk kode produksi sampai ke bentuk model kemasannya.

Wah ... cape ... nanti lagilah diperbaiki ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar